Cara Mencegah Google Chrome Menyimpan Password Otomatis

Google chrome merupakan salah satu aplikasi web browser paling populer selain mozilla firefox dan opera. Sayangnya, semua program tersebut menawarkan fitur simpan password secara otomatis setelah anda login ke sebuah website. Memang anda akan dimudahkan jika berkunjung kembali ke situs tersebut namun tahukah anda, cara ini bisa membahayakan keamanan akun?


agar password tidak disimpan

Akun facebook.com sering menjadi sasaran empuk orang jahil

Bukan suatu masalah jika anda mengakses internet memakai perangkat komputer, laptop maupun smartphone pribadi dan tidak pernah dipinjamkan pada orang lain. Namun yang jadi persoalan bila ada teman atau orang lain yang secara sengaja membuka akun yang sudah tersimpan tanpa permisi.

Mencegah password tersimpan secara otomatis bertujuan untuk mencegah pencurian akun yang marak terjadi atau sekedar dijahili teman anda. Tentu anda pernah akun facebook atau twitter di hack oleh teman sendiri. Apakah anda ingin kejadian tersebut terulang lagi?

Apalagi bila anda menyimpan password untuk situs-situs penting yang berisi foto pribadi misalnya. Tentu anda tidak ingin file tersebut dilihat dan bahkan disebarluaskan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.


Bagaimana Cara Mencegah Google Chrome Menyimpan Password?

1. Pada jendela browser chrome, pilih gambar 'perkakas' atau chrome menu Chrome menu


menu browser


2. Pilih setting


pilih settings


3. Scroll ke bawah dan klik Show advanced settings..


advaced setting chrome


4. Pilih Passwords and forms lalu klik opsi Offer to save passwords I enter on web


password google chrome


Setelah selesai tutup tab setting dan mulai sekarang browser google chrome tidak akan menawarkan opsi simpan password setelah login pada website yang anda kunjungi.

Anda juga bisa melihat, merubah atau menghapus password yang sudah tersimpan dalam chrome browser dengan menuliskan chrome://settings/passwords di address bar kemudian tekan enter.

Tutorial mencegah password tersimpan otomatis di google chrome seperti di atas bisa anda lakukan jika merasa keamanan akun terancam. Pertimbangkan dengan seksama apakah perangkat yang digunakan untuk mengakses internet sering dipinjam orang lain. Jika iya maka anda wajib mengamankan akun pribadi sebelum terlambat.
0 Komentar untuk " Cara Mencegah Google Chrome Menyimpan Password Otomatis "