Cara Menghilangkan Sifat Pendendam


Sifat pendendam berarti tidak ikhlas karena merasa tersakiti tersaingi. biasanya orang yang pendendam ini hidupnya tidak pernah bahagia, bawaannya selalu cemas & kwatir.

Bahaya Yang Diakibatkan Sifat Dendam Antara Lain:
1. Menimbulkan sifat benci bagi pelakunya.
2. Menimbulkan rasa iri hati pada orang lain.
3. Menimbulkan rasa permusuhan yang terus menerus.
4. Menimbulkan rasa hancurnya tali persaudaraan.
5. Mendapatkan murka dari Allah SWT.

Solusi Untuk Menghilangkan Sifat Dendam :
  1. Bandingkan dirimu dgn org yg kamu kenal yg dapat memaafkan kesalahan terbesar sekalipun. Kemudian tanya pada dirimu sendiri mengapa dia bisa? Mengapa saya tdk bisa? Itu bisa menjadi motivasi bagi kamu agar dapat mengurangi rasa dendam.
  2. Cara yg paling mudah, CURHAT. Cara yg sering kita lakukan pd org terdekat kita. Sampaikan setiap keluh kesah yg mengganjal di hatimu. Dengarkanlah dgn seksama pendapat ato solusi yg disampaikan oleh teman curhatmu. Renungkanlah, apakah pendapat itu benar dan apakah solusi itu dapat dilakukan?
  3. Cara paling sulit, Memaafkan dgn tulus kesalahannya, lupakan apapun kesalahannya dan pikirkan hal baik dan kelegaan ketika kamu memaafkannya.
  4. Cara paling ampuh, Berdoalah kpd Tuhan, agar senantiasa dikuatkan, dimampukan dalam memaafkan kesalahannya, dan selalu diberi penghiburan agar tdk berlarut2 dalam rasa benci dan pendendam.

Sekian dulu artikel saya ini moga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda, terimakasih
0 Komentar untuk " Cara Menghilangkan Sifat Pendendam "