Cara Ampuh Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca atau Rusak



Jika permasalahan yang anda alami adalah Rusak fisik Flashdisk maka ya anda harus mengantinya dengan yang baru, tetapi jika permasalahannya ada pada kerusakan kedua sampai ke empat anda bisa menggunakan beberapa trik memperbaikinya dibawah ini.

1. Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca Melalui Control Panel

  1. Masukan flashdisk pada port USB.
  2. Buka menu Start kemudian masuk Control Panel
  3. Ubah tampilan windows anda menjadi klassik mode (switch to classic mode).
  4. Kemudian Klik “Add Hardware
  5. Kemudian muncul kotak dialog, Lalu anda klik Next
  6. Setelah anda klik next ada 2 pilihan “Yes, I have already connected the hardware” dan “No, I have not added the hardware yet“. Silahkan anda pilih yang Yes.
  7. Kemudian Anda tunggu Sistem untuk memeriksa adanya hardware baru yaitu dari falshdisk. Jika USB flashdisk sudah berhasil dikenali/ditemukan. Maka Flashdisk anda sudah bisa digunakan kembali.

2. Cara Memperbaiki dengan Command Prompt

  1. Masukan flashdisk anda ke komputer.
  2. Buka program Command Prompt, belum tau caranya? caranya Anda klik Start -> Run -> ketik cmd
  3. Buka lokasi tempat flashdisk anda misalnya di F, ketikan di command prompt f:, setiap komputer terkadang berbeda-beda ada yang di f:, ada juga mungkin e: tergantung partisi memori hardisk atau komputer anda.
  4. Kemudian setelah masuk di f:, ketikan chkdsk /f, lalu akan muncul beberapa tulisan, dan akan muncul pilihan (Y/N). Silahkan anda ketik Y untuk yes.
  5. Setelah itu, akan ada lagi pilihan dari program Command Prompt untuk merestart komputer anda, silahkan anda pilih Y/yes lagi untuk merestart komputer anda. Tunggu sampai proses restart selesai dan komputer anda menyala lagi.
Apabila “cmd” tidak bisa masuk ke dalam drive usb tersebut, hal diatas masih bisa dilakukan dari drive manapun, dengan perintah:
chkdsk (:e/f/g drive usb) [/…]

3. Memperbaiki FD Tidak Terbaca dengan compmgmt.msc

  1. Langkah Pertama, Anda masukkan flashdisk ke USB port yang ada di komputer ataupun laptop.
  2. Kemudian Anda klik start > run lalu ketik perintah : compmgmt.msc
  3. Kemudian akan muncul program dari compmgmt, setelah itu Anda klik program tersebut.
  4. Lalu Anda pilih storage kemudian pilih disk management.
  5. Setelah itu biasanya flashdisk akan terdeteksi, lalu Anda klik kanan kemudian pilihcreate partition.
  6. Silahkan anda bisa format flashdisknya dengan cara Klik kanan kemudian pilih format.
Jika ketiga cara diatas tidak juga bisa teratasi dan flasdik anda masih tidak mau terbaca, silahkan anda coba pindahkan flashdisk anda ke port usb lain yang ada pada komputer/laptop anda, ada kemungkinan juga port usb yang anda masukan sudah rusak atau ada gangguan. Jika masih belum bisa terbaca juga Anda coba masukan FD anda ke komputer/laptop lain. Jika masih juga tidak terditeksi berarti anda harus menggantinya dengan yang baru.
Sekian tadi 3 langkah mudah memperbaiki flasdisk tidak terbaca di komputer, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah anda dengan flashdisk :)
0 Komentar untuk " Cara Ampuh Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca atau Rusak "