Sejarah Jaringan Komputer dan Perkembangan Internet


SEJARAH JARINGAN KOMPUTER DAN PERKEMBANGAN INTERNET

Teknologi jaringan komputer sampai  saat ini sangat pesat, kemudahan mendapatkan informasi tidak terlepas dari latar belakang sejarah komputer yang panjang hingga kita dapat merasakan  dan menikmati fasilitas jaringan komputer dan internet. Sejarah jaringan komputer tentu tidak terlepas dari perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi. Dua  teknologi yang berbeda antara teknologi komputer dan telekomunikasi ini digabungkan hingga membentuk teknologi sendiri terhadap perkembangan jaringan telekomunikasi data berbasis komputer.

Time Line Perkembangan Sejarah Jaringan Komputer dan Internet

Jika kita berbicara sejarah jaringan komputer, tentulah kita menilik jauh kebelakang mulai dari penemuan komputer itu sendiri yang awalnya hanya bisa digunakan secara personal, hingga munculnya ide untuk, menghubungkan perangkat komputer ini dalam satu jaringan komputer agar bisa saling berkomunikasi, bertukar data, sharing hardware, hingaa berkomunikasi suara dan video sharing, dsb.

Sejarah jaringan komputer mencatat penemuan-penemuan peralatan jaringan komputer dan penemuan alat komunikasi data berupa modem dan ethernet dari  ide-ide inilah kemudian dijadikan awal sejarah jaringan komputer.

Sejarah Jaringan Komputer Dekade 60an

Pada tahun 1960 AT & t mengawali sejarah jaringan komputer dengan merancang Dataphone, modem komersial pertama, khusus untuk mengkonversi data komputer digital ke sinyal analog  untuk transmisi  jaringan jarak jauh. Di luar produsen digabungkan Bell Laboratories´ digital data set produk komersial. Pengembangan teknik  jaringn baru ini digunakan untuk  melestarikan bandwidth modulasi sistem transmisi peningkatan efisiensi dalam sistem nasional dan global.

Tahun 1964,IBM´s SABRE, online membuat debut di sistem reservasi pemrosesan transaksi untuk mengatur American Airlines. Menggunakan saluran telepon, SABRE menghubungkan 2.000  terminal di 65  kota-kota dipasangkan ke komputer IBM 7090, untuk menyampaikan data pada setiap penerbangan dalam waktu kurang dari tiga detik. dari tahun ini sejarah jaringan komputer publik dimulai.

Di tahun 1964 ini juga Joss Configuration (Johnniac Open Shop Systen) untuk layanan percakapan time sharing. Layanan di awaIi dari Rand’s Johnniac. Muncnya Time sharing muncul karena panjangnya batch menghambat pemcahan masalah. Time sharing ditujukan untuk membawa pengguna kembali ke kontak dengan mesin debugginng online dan pengembangan program

sejarah jaringan komputer dan internet
1966 modem John van Geen



1966 John van Geen dari Stanford Research Institute memperbaiki cara kerja modem secara akustik. Penerimaanya dapat dengan andal menerima data bit meskipun latar belakangnya terdengar bising untuk percakapan jarak jauh. Penemuan ini dikembangkan menjadi modem secar akustik digabungkan untuk menghubungkan komputer ke jaringan telepon untuk penggunaan handset sehari-hari.
Pada tahun 1969, Sejarah jaringan komputer global ( dunia ) dimulai, ketika Departemen Pertahan Amerika, membentuk Defense Advance Research Projects Agency ( DARPA ) yang bertujuan mengadakan riset mengenai ‘cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik’.

Sejarah Jaringan Komputer Dekade 70an

1970 Toplogi arpanet (sejarah jaringan komputer dan internet)
1970 Toplogi arpanet



Pada tahun awal dekade 70an, pemasangan Mesin Teller otomatis pertama kalinya di Citizens and Southern National Bank Georgia, pada tahun yang sama ARPANET (Advance Research projects Agency Network ). pada tahun 1970, lebih dari 10 komputer telah berhasil dihubungkan ( satu dengan yang lain) , saling berkomunikasi, dan membentuk sebuah jaringan.  Perkembangan sejarah jaringan komputer dan internet pada atahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk riset ARPANET. 

Program e-mail tersebut begitu mudah dan lansung populer saat itu. pada tahun yang sama, icon [@] diperkenalkan sebagai lambang yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer yang diberi nama ARPANET mulai dikembangkan meluas sampai luar Amerika Serikat. komputer di University College di London merupakan komputer diluar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET.

Pada tahun yang sama pula, dua orang ahli komputer Vinton Cerf dan Bob Khan mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network. ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Sussex University.

1973, sejarah jaringan komputer untuk desain ethernet, ditandai oleh Robert Metcalfe  dengan menyusun  metode koneksi jaringan ethernet di Xerox Palo Alto Research Center. Pada tanggal 22 Mey 1973 dia menulis melalui mesin ketik selektriknya mengenai ether acquisition. Dengan diagram gambar tangan  ditunjukkan interkoneksi’ boosters´ kabel bercabang, telepon, dan rasio eter ekarang kita sebut internet…
sejarah jaringan komputer 1973_ethernet
sejarah jaringan komputer 1973_ethernet
Robert Metcalfe devised the Ethernet method of network connection at the Xerox Palo Alto Research Center. He wrote: “On May 22, 1973, using my Selectric typewriter … I wrote … “Ether Acquisition” … heavy with handwritten annotations — one of which was “ETHER!” — and with hand-drawn diagrams — one of which showed `boosters´ interconnecting branched cable, telephone, and ratio ethers in what we now call an internet…. If Ethernet was invented in any one memo, by any one person, or on any one day, this was it.”
Robert M. Metcalfe, “How Ethernet Was Invented”, IEEE Annals of the History of Computing, Volume 16, No. 4, Winter 1994, p. 84.
Tahun 1975,  Telenet, packet-switching network komersi sipil  yang setara ARPANET, lahir dari Gagasan Larry Roberts, Telenet terhubung ke7 kota pelanggan . Telenet mewakili nilai tambah jaringan pertama, atau disebut  VAN karena yang ditawarkan lebih di luar layanan dasar sekedar  koneksi komputer.
1976 sejarah jaringan komputer di simbolis oleh Ratu Inggris Elizabeth II, Ratu Inggris, mengirimkan e-mail pada 26 Maret dari Royal Signals and Radar Establishment (RSRE)  Malvern sebagai bagian dari demonstrasi teknologi jaringan

Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin menciptakan Newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network). pada tahun 1981, France Telecommenciptakan sebuah gebrakan baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama dunia (orang dapat saling menelepon sambil berinteraksi denagan Video link).

Terbentuknya istilah TCP/IP menjadi terobosan sejarah jaringan komputer khusunya internet,  Seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan. untuk itu, pada tahun 1982 dibentuk sebuah komisi Transmission Control Protocol ( TCP ) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol ( IP ) yang kita kenal hingga saat ini. sementara itu, didaratan Eropa muncul sebuah jaringan tandingan yang dikenal dengan Europe Network (EUNET) yang meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan eunet ini menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat jaringan komputer yang sudah ada, pada tahun 1984 diperkenalkan system dengan nama DOMAIN yang lebih dikenal dengan Domain Name System ( DNS ). dengan system DNS, komputer yang tersambung dengan jaringan melebihi 1.000 komputer. pada tahun 1987 diperkirakan komputer yang tersambung ke jaringan tersebut melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 komputer lebih.

Sejarah jaringan Komputer Dekade 80an
Tahun 1983, ARPANET terbagi dua ARPANET dan MILNET, terpecah menjadi militer (MILNET) dan segmen sipil (ARPANET). Hal ini dimungkinkan oleh adopsi TCP/IP, standar jaringan, tiga tahun sebelumnya. ARPANET ini berganti nama menjadi “Internet” pada tahun 1995.

1985, Internet Modern memperoleh dukungan ketika National Science foundation membentuk NSFNET, menghubungkan lima pusat superkomputer di Princeton University, Pittsburgh, University of California di San Diego, University of Illinois di Urbana-Champaign, dan Universitas Cornell., beberapa jaringan regional segera dikembangkan; Akhirnya, pemerintah menindahkan bagian-bagian ARPANET untuk NSFNET.

Tahun 1988, Jarkko Oikarinen berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan pengiriman pesan ( Chatting ). akibatnya, setahun kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat. tak kurang dari 100.000 komputer membentuk sebuah jaringan.pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe editor dan browser yang dapat menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. programe inilah yang disebut WWW atau World Wide Web. Perkembangan sejarah jaringan komputer pada tahun 80an ditandai dengan terpecahnya arpanet menjadi 2 segmen yaitu jaringan Militer, dan Jaringan untuk Sipil dan ditutup dengan penemuan WWW

Sejarah Jaringan Komputer dekade 90an

Pada awal dekade ini, Berners-Lee proposal  World Wide Web lahir ketika Tim Berners-Lee, seorang peneliti di CERN, laboratorium fisika energi tinggi di Jenewa, mengembangkan markup language. seperti umumnya dikenal HTML, Internet diperbolehkan untuk memperluas ke World Wide Web,
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui lebih dari stau juta komputer. pada tahun yang sama muncul satu istilah yang beken, yaitu Surfing ( Menjelajah ). 

Tahun 1993 Screen Capture dari asli Mosaic Browser, Browser Mosaic web dirilis. Mosaic adalah perangkat lunak komersial pertama yang memungkinkan akses grafis ke konten di internet. Dirancang oleh Eric Bina dan Marc Andreessen di Pusat Universitas Nasional Illinois untuk aplikasi superkomputer, mosaik pada awalnya dirancang untuk menjalankan X-windows sistem Unix. Pada tahun 1994, Mosaic adalah tersedia untuk beberapa sistem operasi lain seperti Mac OS, Windows dan AmigaOS.


Pada tahun 1994, situs-situs Dunia mulai tumbuh dengan subur (setidaknya, saat itu terdapat 3.000 alamat halaman) dan bentuk pertama kalinya Virtual Shopping atau e-retail muncul diberbagai situs. Dunia langsung berubah dengan diluncurkannya perusahaan Search Engine Pertama, yaitu Yahoo!. yang dibangun oleh David Filo dan Jerry yang pada bulan April 1994. Netscape Navigator 1.0. diluncurkan dipenghujung tahun 1994.
Hingga masa ini lahir media jejaring sosial dari awal millenium 21 dari frienster dan saat ini populer adalah Facebook dan Twiter flicker adalah hasil dari sejarah yang panjang dari sejarah jaringan komputer dan Internet
0 Komentar untuk " Sejarah Jaringan Komputer dan Perkembangan Internet "