Pengertian HTML dan PHP

htmlPHP

Pengertian HTML dan PHP - Assalamualaikum , Pembelajaran pertama  dalam hal Koding tidak ketinggalan dalam mengenal tentang script HTMLdan PHP tapi kalau untuk PHP sendiri mungkin banyak yang kurang begitu menguasai seperti saya ini :D .Kali ini saya cuma mau kasih tahu dasar tentang apa itu HTML dan PHP. Hypertext Markup Language atau sering disebut dengan HTML Diciptakan oleh IBM tahun 1980 ide pertama kali elemen-elemen yang menandakan bagian suatu dokumen judul, alamat, dan isi dokumen. Lalu dinamai GML(Generalized Markup Language). kemudain berkembang HTML versi 1.0 – HTML versi 5.0. Befungsi untuk memformat file dokumen teks biasa untuk bisa ditampilkan pada web browser sesuai keinginan.
Hal yang dipelajari dalam HTML :
  • Hypertext
  • Tags dan elements
  • Text formatting
  • Lists, hyperlinks, images
  • Table, frames
  • Cascanding style sheet
Karakteristik :
  1. Karena platform dapat digunakan pada berbagai jenis mesin komputer yang berbeda dan berbagai macam sistem operasi yang berbeda. Jadi bersifat fleksibel karena ditulis cukup dengan menggunakan editor karakter ASCII.
  1. Dapat disisipi gambar baik gambar (animasi) termasuk menggunakan gambar untuk dijadikan hyperlink. Gambar di sini untuk merujuk pada suatu halaman web, dimana setiap titik-titik yang sudah didefinisikan berupa rectangular (kotak), poligon (kurva tak beraturan) atau lingkaran digunakan untuk ‘jump’ ke halaman lain, atau link ke halaman di luar web yang bersangkutan.
  1. Dapat disisipi animasi berupa Java Applet atau file-file animasi dari Macromedia Flash atau Macromedia Shockwave (untuk keperluan ini, browser harus memiliki plug-in khusus untuk menjalankan file-file animasi ini).
  1. Dapat digabungkan dengan Javascript, VBScript, Active Server Pages, Perl, Tcl, PHP.
  1. Tidak memerlukan kompiler karena bukan bahasa pemrograman. Cara menjalanakannya dengan menggunakan browser.
  1. Menghasilkan halaman yang statis, untuk memperoleh halaman yang dinamis harus menggunakan bahasa pemrograman seperti Javascript atau VBScript dan animasi seperti Flash atau Shockwave.
  1. Memiliki tag-tag yang begitu banyak sehingga susah dipelajari untuk yang masih awam.
  1. Tidak dapat menghasilkan halaman yang interaktif. Interaktif di sini maksudnya client dapat berinteraksi dengan server. Untuk keperluan itu, HTML harus disisipi bahasa pemrograman yang dapat menangani hal tersebut, contohnya Perl atau Tcl.
Hypertext Preprocessing atau sering disebut juga dengan PHP , Diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. Pada awalnya PHP adalah singkatan dari “Personal Home Page Tools”. Kemudian menjadi FI "Forms Interpreter", Sejak versi 3.0 kemudian diganti PHP: Hypertext Prepocessor. Karakteristik :
  1. Open sourceyang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.
  1. Bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
  1. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana – mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
  1. Mudah dikembangkan karena mudah dipahami.
Contoh WEb yang menggunakan PHP salah satunya adalah Forum (phpBB)
  • Forum (phpBB) dan MediaWiki (software di belakang Wikipedia). dari ASP.NET/C#/VB.NET Microsoft, ColdFusion Macromedia, JSP/Java Sun Microsystems, dan CGI/Perl.
dan masih banyak lagi web yang menggunakan PHP . Itu dulu penjelasan dari saya semoga bisa di mengerti dan bermanfaat :)
0 Komentar untuk " Pengertian HTML dan PHP "