Variabel adalah suatu alokasi data yang ditempatkan pada suatu alamat
tertentu di memory (RAM) untuk menyimpan suatu data dengan jenis/type tertentu
yang isinya dapat berubah-ubah.
Syntax pendefinisian variabel adalah sebagai berikut:
<TypeData> <NamaVar1>[=<Nilai1>][,<NamaVar2>[=<Nilai2>][,...]];
Dimana:
<TypeData> yang
ada di dalam Turbo/Borland C++, antara lain:
Type | Size (Bits) | Range | Sample Application | |
---|---|---|---|---|
unsigned char | 8 | 0 to 255 | Small numbers and full PC character set | |
char | 8 | -128 to 127 | Very small numbers and ASCII characters | |
short int | 16 | -32,768 to 32,767 | Counting, small numbers, loop control | |
unsigned int | 32 | 0 to 4,294,967,295 | Large numbers and loops | |
int | 32 | -2,147,483,648 to 2,147,483,647 | Counting, small numbers, loop control | |
unsigned long | 32 | 0 to 4,294,967,295 | Astronomical distances | |
enum | 32 | -2,147,483,648 to 2,147,483,647 | Ordered sets of values | |
long | 32 | -2,147,483,648 to 2,147,483,647 | Large numbers, populations | |
float | 32 | 3.4 x 10-38 to 1.7 x 1038 | Scientific (7-digit) precision) | |
double | 64 | 1.7 x 10-308 to 3.4 x 10308 | Scientific (15-digit precision) | |
long double | 80 | 3.4 x 10-4932 to 1.1 x 104932 | Financial (18-digit precision) |
Syarat penamaan variabel dalam Turbo/Borland C++ adalah
sebagai berikut :
- Nama variabel tidak boleh mengandung karakter khusus seperti: ~`!@#$%^&|<>?,.\/
- Nama variabel tidak boleh mengandung operator aritmatika seperti: */+-=()
- Nama variabel boleh merupakan kombinasi huruf dan angka tetapi harus diawali oleh huruf, contoh: x1, x2, tugas1, tugas2
- Nama variabel tidak boleh mengandung spasi, seperti: gaji Pegawai yang benar gajiPegawai (tanpa spasi)
- Nama variabel boleh mengandung garis bawah (under score) seperti: gaji_Pegawai
- Tidak boleh mendefinisikan nama variabel yang sama lebih dari satu kali
- Nama variabel boleh panjang ataupun singkatan akronim maupun inisialen. Misalkan untuk mendefinisikan variabel Gaji Pegawai boleh dibuat gajiPegawai, gp atau gajPeg
- Penamaan variabel dalam Turbo/Borland C++ bersifat "Case-Sensitive" artinya dua atau tiga buah variabel dianggap berbeda meskipun hanya berbeda "case" yaitu antara huruf besar dan kecil. Nama variabel "Kata", "kata" dan "katA" adalah dianggap sebagai tiga buah variabel yang berbeda meskipun hanya beda satu huruf besar dan yang lain huruf kecil.
Contoh:
unsigned int panjang, lebar, tinggi;
unsigned char tekan;
char pilih='A';
float luas, keliling;
long gajiPokok, tunjangan, gajiBersih;
Konstanta
Sebagaimana halnya variabel, konstanta adalah suatu alokasi data yang
ditempatkan pada suatu alamat tertentu di memory (RAM) untuk menyimpan suatu data
dengan jenis/type tertentu yang isinya tidak dapat diubah (konstan).
Syntax pendefinisian konstanta adalah sebagai berikut:
const <TypeData> <NAMACONST1>=<Nilai1>[,<NAMACONST2>=<Nilai2>[, ... ]];
atau
#define <NAMACONST> <Nilai>
Dimana:
Borland C++ memiliki kebiasaan/konvensi pemberian nama HURUF BESAR
untuk setiap konstanta.
Contoh:
#define PI 22/7
const unsigned int MAXDATA=50;
const unsigned char TAB=9, CR=13, LF=10;
Contoh program lengkap dapat dilihat di bawah ini:
#include <conio.h>
#include <stdio.h>
void main()
{ float panjang=12.250, lebar, luas, jari_jari=7;
const float PI=22/7;
lebar = 56.98;
luas = panjang * lebar;
printf("Persegi panjang dengan \nPanjang = %10.2f \nLebar = %10.2f\n", panjang, lebar);
printf("Luasnya = %10.2f\n", luas);
luas = PI * jari_jari * jari_jari;
printf("Lingkaran dengan \nDiameter = %10.2f\n", jari_jari*2);
printf("Luasnya = %10.2f\n", luas);
getch();
}
0 Komentar untuk " Pengertian Variabel Dan Konstanta "