Cara Mudah Backup Addons Dan Bookmarks Mozilla Firefox

Cara melakukan backup kemudian restore bookmark, add-ons dan password yang tersimpan dalam mozilla firefox browser menggunakan pengaya firefox FEBE. Add-on ini bisa diandalkan untuk menyimpan dan kemudian mengembalikan data-data yang sudah tersimpan di dalam mozilla browser. Jangan sampai menyesal, jika suatu waktu terjadi masalah pada web browser kesayangan anda dan belum sempat mem backup password, tema dan pengaturan penting lainnya.

FEBE (Firefox Environment Backup Extension) adalah add-on firefox yang dapat digunakan untuk mem-backup dan me-restore data-data yang tersimpan pada web browser mozilla.


Cara Backup mozilla Firefox
Screenshot pengaturan add-ons FEBE Mozilla Firefox

Apa Saja Yang Dapat Di Backup Dengan Add-On FEBE?

  • add-ons atau pengaya yang sudah di install
  • bookmarks yang sudah tersimpan rapi
  • data login seperti username dan password
  • themes keren yang sudah di download
  • pengaturan browser ( preferences )
  • cookies untuk mempercepat loading
  • history website yang pernah dikunjungi
  • dan lain-lain

Cara Menggunakan FEBE Bagaimana Kang? Susah Gak?

Tidak ada tutorial susah di www.johanandyagasi.blogspot.com dan kang topjer sendiri sudah sering melakukan backup melalui add-on FEBE ini dan hasilnya memuaskan.

Tahukah anda, terlalu banyak menyimpan bookmark alamat website bisa menyebabkan firefox sering hang, not responding atau macet?

Dan tentu anda tidak ingin begitu saja menghapus alamat website yang sudah tertata rapi di folder-folder bookmarks mozilla firefox. Mungkin inilah waktunya anda melakukan backup data-data bookmark dalam firefox browser.

Sebelum anda melakukan backup untuk menyimpan data-data penting yang sudah tersimpan dan terinstal di firefox, silahkan download add-ons FEBE melalui https://addons.mozilla.org

Setelah selesai menginstal pengaya FEBE (jangan lupa restart firefox nya) akan muncul menu baru Backup utilities.. jika anda menekan tombol Firefox atau pada menu Tools > FEBE

Backup data-data mozilla browser
Menu backup mozilla firefox dengan add-ons FEBE

Anda dapat mengatur apa saja yang akan di backup melalui opsi FEBE Options dan menentukan dimana file-file hasil backup nantinya akan disimpan. Kemudian pilih opsi Perform backup untuk memulai proses penyimpanan data-data yang anda pilih sebelumya.

Bagaimana Cara Restore (Mengembalikan) Data Ke Mozilla Firefox?

Sudah sukses melakukan backup? Sekarang waktunya mengembalikan data-data penting ke mozilla firefox. Contoh kasus anda sudah menggunakan fitur Safe mode untuk melakukan reset pengaturan dan bookmarks mozilla firefox ke default atau anda baru saja menginstal ulang browser firefox versi terbaru.

Kemudian anda ingin mengembalikan add-ons yang pernah di install atau mengembalikan data login yang sudah tersimpan pada firefox sebelumnya.



cara restore file backup
Pilihan menu restore data ke browser mozilla firefox

Buka add-on FEBE melalui tombol Firefox atau Tools > FEBE kemudian pilih Restore. Anda akan melihat opsi data apa saja yang ingin di restore ke firefox. Tinggal klik dan cari tempat anda menyimpan file backup di hard disk komputer anda. Mudah bukan?

Semoga Bermanfaat :")
0 Komentar untuk " Cara Mudah Backup Addons Dan Bookmarks Mozilla Firefox "