Tips Membersihkan File dan Data Tak Terpakai Pada Perangkat Android


androjunk

Menurunnya performa perangkat Android andalan anda salah satunya diakrenakan kapasitas memori yang tersisa semakin mengecil, apalagi jika perangkat anda memiliki aplikasi pre-installed yang cukup banyak. Kebanyakan orang melakukan proses Rooting agar dapat dengan leluasa melakukan berbagai perubahan pada perangkatnya tersebut. Namun Rooting pun memiliki beberapa resiko yang cukup tinggi, bahkan dengan Rooting pun bisa menyebabkan hilangnya garansi pabrik yang terdapat pada perangkat Android anda.
Selain dengan Rooting sebenarnya anda juga bisa memanfaatkan Aplikasi yang tersedia. Ada beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan untuk membersihkan file atau data “sampah” yang ada di perangkat Android anda sehingga kapasitas penyimpanan menjadi luas kembali dan perangkat anda bisa kembali memberika performa yang memuaskan. File- file “sampah” disini sendiri adalah file atau data yang telah tidak digunakan lagi seperti file sisa download, data cache browser yang tersimpan dan masih banyak file atau data lainnya.

Aplikasi – aplikasi yang bisa anda manfaatkan diantara lain adalah :

1 Tap Cleaner dan Cleaner Master.

Aplikasi 1 Tap Cleaner berfungsi untuk menghapus file- file cached yang sudah tidak terpakai lagi. File Cached ini sendiri jika tidak dibersihkan nantinya akan terus menumpuk dan menumpuk apalagi jika perangkat Anda memiliki banyak aplikasi didalamnya. Clean Master pun sama berfungsi untuk menghapus file atau data yang sudah tidak terpakai pada perangkat Android anda.

ES File Explorer.

Aplikasi ini berguna untuk mengatur file atau data mana saja yang ingin anda simpan dan yang mana saja yang akan anda hapus, seperti data atau file hasil donload, email, dan berbagai data lainnya. Aplikasi ini pun terintegrasi langsung dengan layanan Cloud Storage ternama seperti Google Drive, DropBox dan Cloud lainnya. Mungkin ada beberapa data yang saying untuk dihapus namun berukuran cukup besar atau atau data tersebut mungkin akan berguna untuk anda suatu hari nanti, anda bisa melakukan proses backup file. Anda bisa mem-backup file- file yang anda inginkan langsung ke situs layanan Cloud Storage tadi atau anda juga bisa memindahkan data backup-an tadi ke penyimpanan eksternal perangkat Android anda seperti Laptop, Pc, atau Harddisk eksternal.
0 Komentar untuk " Tips Membersihkan File dan Data Tak Terpakai Pada Perangkat Android "